Jumat, 06 Mei 2016

Alat Peraga

Alat Peraga tentang Himpunan
   Haloo semua, sebelumnya kita telah membahas materi tentang himpunan. Nah, kali ini author bakal kasih materi tentang alat peraganya nih. Selamat membaca ya.!

DINGGRAM VENN
1. Pengertian Alat Peraga
Alat peraga adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien (Sudjana,2002:59).
Alat peraga dalam proses belajar mengajar memegang peran penting untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Proses belajar mengajar ditandai dengan adanya beberapa unsur antara lain tujuan, bahan, metode dan alat serta evaluasi. Unsur metode dan alat merupakan unsur yang tidak bisa dilepaskan dari unsur lainnya yang berfungsi sebagai cara atau tehnik  untuk mengantarkan sebagai  bahan pelajaran agar sampai tujuan.
Dalam pencapaian tersebut, peranan alat peraga memagang peran penting sebab dengan adanya alat peraga ini bhan pelajaran dngan mudah dapat dipelajari oleh para siswa. Dalam proses belajar mengajar alat peraga dipergunakan dengan tujuan membantu guru dan siswa lebih efektif dan efisien.

2. Dinggram Venn
Dinggram Venn itu sendiri merupakan singkatan dari Dinding Diagram Venn. Sebenarnya Dinggram Venn disini sama seperti diagram venn pada umumnya, hanya saja bentuknya yang lebih menarik dan menyurupai majalah dinding sehingga akan lebih cocok bila disebut Dinggram Venn (Dinding Diagram Venn).
Alat pereaga ini dapat digunakan oleh para siswa kelas 1 SMP, khususnya ketika mereka sedang mempelajari materi himpunan. Dengan alat peraga ini, diharapkan para siswa dapat:
1.      Memahami materi tentang diagram venn.
2.      Dapat menyajikan suatu himpunan dengan cara menggunakan diagram venn.
3.      Dapat menjelaskan hubungan antar himpunan dalam diagram venn, khususnya gabungan dan irisan suatu himpunan.
3. Cara Membuat Alat Peraga “Dinggram Venn”
Tujuan : Alat peraga ini bertujuan untuk memudahkan siswa memahami dan mempraktikkan langsung  kejadian-kejadian yang tejadi serta hubungan antar himpunan, seperti irisan, gabungan, maupun komplemen suatu himpunan  pada Dinggram Venn.
·         Alat dan Bahan :
ü  Alat :
1.      Cutter
2.      Gunting
3.      Mistar
4.      Jangka
5.      Lem
6.      Double tape
7.      Spidol

ü  Bahan :
1.      Sterofoam
2.      Kertas HVS
3.      Kertas manggis
4.      Kertas kambing
5.      Kardus
·         Cara pembuatan:
1.      Siapkan sterofoam sebagai alasnya.
2.      Buatlah beberapa potongan-potongan huruf dan angka dari kertas manggis lalu digunting berbentuk persegi. Dimana potongan huruf dan angka ini, nantinya akan kita gunakan untuk menyatakan anggota dari suatu himpunannya.(Lihat gambar1)
3.      Potonglah kardus atau karton berbentuk lingkaran-lingkaran, sebanyak yang anda inginkan. Dimana potongan kardus berbentuk lingkaran ini akan kita gunakan sebagi kurva tertutup yang menyatakan himpunannya. (Lihat gambar 2)
4.      Lalu siapkan kertas HVS dan anda dapat menuliskan  beberapa contoh soal  beserta gambar yang berhunungan dengan himpunan dan diagram venn, yang nantinya akan  ditempel pada bagian  sisi kanan dan kiri sterofoam.
5.      Selanjutnya potongan lingkaran yang tersedia dapat kita tempel pad bagian tengah sterofoam. Banyaknya, kurva tertutup (lingkaran) dapat disesuikan dengan soal.
6.      Alat peraga Dinggram Venn siap untuk digunakan.

·         Gambar alat peraganya:

·         Gambar 1

·         Gambar 2

4. Cara Menggunakan Dinggram Venn sebagai Media Pembelajaran
Cara menggunakan alat peraga ini terbilang sangat sederhana,  sama seperti diagram venn pada umumnya. Untuk  menggunakan alat peraga ini, kita bisa langsung implementasikan pada soal.
Misalnya: A = {Huruf Pembentuk kata INDONESIA}
                 B = {Huruf Pembentuk kata VIETNAM}
Dengan menggunakan elemen-elemen yang telah disediakan pada dinggram venn, yaitu beberapa potongan huruf dan angka yang dapat mkita gunakan umtuk menytakan anggota himpunan A dan B, serta bebrerapa lingkaran yang tersedia, yang dapat kita gunakan sebagi kurva tertutup yang menyatakan himpunan A dan B.  Dengan demikian kita dapat  dengan mudah menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan diagram venn.
Lalu langsung dapat kita letakkan pada dinggram venn yang telah tersedia. Dengan syarat,  huruf yang merupakan anggota kedua himpunan, kita letakkan dibagian paling tengah, dan sisa anggota lainnya kita letakkan pada lingkaran tempat himpunannya masing-masing. Dan hsilnya akan terlihat seperti gamabr dibawah ini :

5. Tujuan Alat Peraga
Adapun tujuan dari alat peraga yaitu untuk:
1.   Memperkenalkan, membentuk, memperkaya serta memperjelas.
2.   Mengembangakan sikap yang dikehendaki.
3.   Mendorong kegiatan siswa lebih lanjut
Pemakaian alat perga merangsang imajinasi anak dan memberikan kesan yang mendalam dalam mengajar, panca indra dan keseluruhan kesanggupan seorang anak perlu perlu dirangsang, digunakan dan dilibatkan, sehingga tak hanya mengetahui, melainkan dapat memakai dan melakukan apa yang dipelajari. Ilmu pendidikan berpendapat, bahwa hanya 20% dari apa yang didengar dapat diingat dikemudian hari.
Kesan yang lebih mendalam dapat dihasilkan jikalau apa yang diceritakan dilihat dari sebuah gambar. Dengan demikian melalui mendengar dan melihat akan diperoleh kesan yang jauh lebih mendalam. Hal ini juga berarti bahwa dengan menggunkan alat peraga, pembelajaran yang kita sampaikan dapat memberikan kesan yang lebih mendalam, karena tentunya alat peraga dapat kita rasakan dengan cara melihat atau bahkan juga mendengar.

Oh iya, author juga punya video cara pembuatannya nih. Mohon like dan komennya juga ya teman. Ini linknya, selamt menyaksikan!
https://youtu.be/sm5u6F9fdYw



2 komentar: